SEJARAH

Universitas Wijayakusuma yang disingkat UNWIKU merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka yang berada di wilayah Jawa Tengah bagian barat tepatnya di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Berdirinya UNWIKU adalah sebagai perwujudan dari cita-cita Yayasan Wijayakusuma yaitu ingin berperan secara aktif melaksanakan Pembangunan Nasional sebagaimana tercantum di dalam akta pendirian yayasan nomor : 29 tanggal 07 Juni 1980 dan disahkan oleh Pengadilan Negeri Purwokerto nomor : 62/1980/AKTA tanggal 19 Agustus 1980. Pendirian UNWIKU didukung oleh Menko Kesra, Kodam IV Diponegoro, Pemerintah Daerah, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto serta masyarakat Banyumas pada umumnya, sehingga pada tanggal 17 Juni 1980, Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah dengan Surat Keputusan nomor : 064/K/22/Kop/VI/1980 mengukuhkan berdirinya UNWIKU.

Fakultas yang pertama dibuka adalah Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, satu tahun kemudian yaitu tahun 1981 dibuka lagi Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik yang semuanya merupakan jenjang pendidikan Sarjana Muda. Sehubungan dengan adanya perubahan jenjang pendidikan Sarjana Muda menjadi jenjang pendidikan Diploma, maka pada tahun 1983 fakultas di Universitas Wijayakusuma diadakan perubahan jenjang dari jenjang pendidikan Sarjana Muda menjadi jenjang pendidikan Sarjana (Strata-1). Kemudian pada tahun 1988 dibuka satu fakultas lagi yaitu Fakultas Peternakan dengan jenjang pendidikan Sarjana (Strata-1).

Sejalan dengan kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli madya yang siap pakai serta sebagai implementasi salah satu maksud dan tujuan dari cita-cita Yayasan Wijayakusuma yaitu mengadakan pendidikan, maka pada tahun 1998 dibuka program pendidikan Diploma-3 di Fakultas Teknik sebanyak 2 (dua) program studi yaitu Teknik Elektronika dan Teknik Sipil sedangkan di Fakultas Ekonomi sebanyak 2 (dua) program studi yaitu Akuntansi dan Manajemen Perusahaan. Pada tahun 1999 dibuka lagi Manajemen Informatika Diploma-3 yang bernaung di bawah Fakultas Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *