ubud villa

anjing di jual

mesin puncak
Selamat Datang di Website Kami

Sepuluh Pemuda Karangnangka Ikuti PKH Berternak Ayam Jawa Super

Jum`at, 19 Oktober 2012 13:21:04 - oleh : admin
Sepuluh Pemuda Karangnangka Ikuti PKH Berternak Ayam Jawa Super

sumber : http://karangnangka.or.id/2012/10/04/10-pemuda-ikuti-pkh-beternak-ayam-jawa-super/


KARANGNANGKA. Pembangunan desa adalah semua kegiatan pembangunan ekonomi, fisik maupun peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berlangsung di perdesaan. Kegiatan itu meliputi seluruh aspek kehidupan di masyarakat dan dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya dan gotong-royong dari seluruh lapisan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.


Berkaitan kewirausahaan yang dilakukan untuk mengembangkan pembangunan peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang dilakukan masyarakat di tingkat desa baik yang diselenggarakan oleh pemerintah desa maupun lembaga yang bersedia menjadi pendamping akan bermanfaat bagi masyarakat.


Kamis 4/10/2012 bertempat di Joglo Wirayuda Desa Karangnangka telah diadakan pembukaan Pendidikan Kecakapan Hidup "Beternak Ayam Jawa Super" yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.


Pembukaan dilakukan oleh Widi Enpriyono selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Widi Enpriyono menyatakan beberapa hal yang mendasar sebagai acuan terselenggarakannya Pendidikan Kecakapan Hidup bagi 10 pemuda Desa Karangnangka yang lolos seleksi dari 18 peserta.


"Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia supaya mempunyai ilmu yang diajarkan nantinya dapat diimplementasikan sebagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan, bisa bekerja ataupun berwirausaha dengan ilmu yang diberikan oleh penyelenggara pendidikan tersebut serta mampu perpikiran positif dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari yang produktif dengan menghasilkan etos kerja berkesinambungan, masih terjadinya kemiskinan dan pengangguran dikarenakan tidak bekerja dan kesempatan tidak dimanfaatkan maksimal sehingga tidak ada produktivitas," ujarnya.


"Dalam Pendidikan Kecakapan Hidup ada 4 hal yang harus diperhatikan agar nantinya bisa di laksanakan dengan baik setelah peserta selesai mengikuti pendidikan yaitu kompetensi diri, kompetensi sosial, kompetensi akademis dan terakhir kompetensi ketrampilan," imbuhnya


Sedangkan Ir. Soegeng Herijanto MP, Ketua penyelenggara mengatakan " bahwa pendidikan Kecakapan Hidup " Beternak Ayam Jawa Super" merupakan bentuk pengabdian Universitas Wijaya Kusuma terhadap masayarakat desa Karangnangka sebagai subyek pembangunan di tingkat perdesaan agar para peserta nantinya benar-benar bisa menjadi wirausaha dengan ilmu yang diperoleh maupun bidang yang diajarkannya" katanya.


Diharapkan setelah dilatih untuk mempraktekkan terhadap diri sendiri maupun masyarakat serta bisa memunculkan kewirausahaan yang handal dan sukses.


" Sedangkan dalam Pendidikan Kecakapan Hidup ini membutuhkan waktu pertemuan dengan waktu 200 jam, sehingga nantinya peserta benar-benar mempunyai kompetensi akademis sebagai analisis berbasis iptek dan penguasaan ilmu" ujarnya


Sepuluh pemuda desa Karangnangka yang diterima tentunya melalui tes yang diselenggarakan pada tanggal 3/10/2012 di Kantor Pusat Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto. Dari delapan belas peserta yang lulus sepuluh orang terdiri dari 2 perempuan dan delapan laki-laki.


Sepuluh pemuda pilihan inilah yang nantinya akan menerima ilmu yang akan diajarkan oleh para pembimbing dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Wijaya Kusuma.


Untuk tahun 2012 Kabupaten Banyumas mendapat lima program Pendidikan Kecakapan Hidup yang di laksanakan di lima desa dengan bidang yang berbeda dan penyelenggara juga berbeda semuanya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.


 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Unwiku Terkini" Lainnya

Artikel Terlaris

Rektorat

  • Alamat: Jln Raya Beji Karangsalam, Purwokerto, Kab. Banyumas
  • Telp:0281 -6439889, Fax :0281 -6439711
  • Email: info@unwiku.ac.id
  • Website: www.unwiku.ac.id

Mitra Kami

OpenMadiun Comunicate
Alamat: Jl. Ki Ageng Selo No 14 Madiun 63118 - 0351 3404567